Minggu, 10 Januari 2010

Tugas Pancasila Dos. Bpk ACE

Pertanyaan / Soal Pancasila :

A. 1. Uraikan Pengertian arti dari Norma, Moral dan Nilai
   2. Apa yang dimaksud dengan etika politik
   3. Nilai-nilai pancasila sebagai sumber etika politik
   4. Jelaskan pancasila sebgai idiologi nasional

B. 1. Jelaskan asal pancasila yang langsung dan tidak langsung.
   2. Jelaskan Bangsa Indonesia berpancasila dalam TRI PRAKARA.

C. 1. Jelaskan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
   2. Jelaskan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia
   3. Pancasila sebagai Idiologi bangsa dari Negara Republik Indonesia.

D. 1. Jelaskan Pembukaan UUD 1945 sebagai tertib hukum tertinggi di Indonesia.
   2. Pembukaan UUD 1945 terletak kelangsungan hidup negara Republik Indonesia tanggal 17-08-1945
   3. Pokok-pokok pikiran yang tergantung didalam pembukaan UUD 1945 Jelaskan dan uraikan.
   4. Hubungan antara pembukaan UUD 1945 dengan proklamasi kemerdekaan.

E. 1. Apa isi batang tubuh UUD 1945



Keterangan **
Tugas dikumpulkan pada waktu UAS Tgl 06 atau 07 Pebruari 2010
di Kerjakan Masing-masing.
Copy Bp. Ace Dosen Pancasila @ By. Isnanto Wahyu Ari Wibowo

   SOAL DAN JAWABAN LANGSUNG

A. 1. Uraikan Pengertian arti dari Norma, Moral dan Nilai ?
      Jawab :
1.    a).  Norma adalah suatu sikap dan tingkah laku manusia yang lebih kongkrit yang di   formulasikan menjadi lebih objektif sehingga memudahkan manusia untuk menjabarkannya dalam tingkah laku yang merupakan sebagai penuntun sikap dan tingkah laku manusia.
b). Moral adalah merupakan suatu ajaran-ajaranataupun wejangan-wejangan, patokan –patokan, baik lisan maupun tulisan tentang bagaimana manusia harus hidup dan bertindak agar menjadi manusia yang baik.
c). Nilai adalah kemampuan yang di percayai yang ada pada suatu benda untuk memuaskan manusia.Nilai terbagi menjadi tiga bagia yaitu :
1.    Nilai dasar
2.    Nilai Instrumental
3.    Nilai Praksis

 2. Apa yang dimaksud dengan etika politik ?
      Jawab :
•    Etika politik termasuk kedalam lingkup etika sosial yang memuat banyak etika yang       khusus mengenai wilayah-wilayah kehidupan manusia-manusia tertentu yang berkaitan  dengan bidang kehidupan politik sebagai objek materi kajian bidang agar dapat mengetahui lingkup pembahasannya yang mempunyai makna bermacam-macam kegiatan dalam suatu system politik atau Negara yang menyangkut proses penentuan tujuan-tujuan dari sistem itu dan di ikuti dengan pelaksanaan tujuan-tujuan itu.

3. Nilai-nilai pancasila sebagai sumber etika politik ?
      Jawab :
1)    Sila I : Ketuhanan Yang Maha Esa’’berkaitan dengan legitimasi moral. Hal ini yang  membedakan Negara yang berkuatan Yang Maha Esa dengan Negara teokrasi,dan secara moralitas kehidupan Negara harus sesuai dengan nilai-nilai yang berasal dari tuhan terutama hukum serta moral dalam kehidupan Negara.
2)    Sila II : Kemanusiaan yang adil dan beradab juga merupakan sumber-sumber moralitas dalam kehidupan Negara.
3)    Sila III : ‘’Persatuan Indonesia, bangsa Indonesia sebagai bagian dari umat manusia di dunia secara bersama dalam suatu wilayah tertentu.
4)    Sila IV :”merupakan tujuan dalam kehidupan Negara oleh karna itu dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan Negara,segala kebijakan, kekuasaan, kewenangan serta pembagian senantiasa harus berdasarkan atas hokum yang berlaku.

4. Jelaskan pancasila sebgai idiologi nasional ?
      Jawab :
•    Pancasila sebagai ideologi nasional yang terbentuknya pancasila melalui proses yang cukup panjang, sebelum di sahkan menjadi menjadi dasar filsafat Negara nilai-nilainya telah ada dan berasal dari bangsa Indonesia sendiri yang berupa nilai-nilai adat istiadat, kebudayaan dan nilai-nilai religius dan kemudian di rumuskan dalam siding-sidang BPUPKI pertama, siding panitia Sembilan yang menghasilakan piagam Jakarta yang kemudian di bahas lagi dalam siding BPUPKI kedua yang kemudian di syahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 sebagai dasar filsafat Negara Republik Indonesia.

B.1. Jelaskan asal Pancasila yang langsung dan tidak langsung ?
      Jawab :
•    Asal mula yang pancasila langsung adalah asal mula yang langsung terjadinya pancasila sebagai dasar filsafat Negara yaitu asal mula yang sesudah dan menjelang proklamasi kemerdekaan yaitu sejak dirumuskan oleh para pendiri Negara sejak siding BPUPKI pertama,panitia Sembilan,siding BPUPKI kedua serta siding PPKI sampai pengesahannya.
•    Asal mula yang tidak langsung adalah asal mula sebelum proklamasi kemerdekaan yang di perinci sebagai berikut :
1)    Unsur-unsur pancasila tersebut sebelum secara langsung dirumuskan menjadi dasar  filsafat Negara.
2)    Nilai- nilai tersebut terkadang dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia sebelum membentuk Negara.
3)    Bangsa Indonesia sebagai’’Kausa materialis atau sebagai asal mula tidak langsung nilai-nilai pancasila .
  2. Jelaskan Bangsa Indonesia berpancasila dalam TRI  PRAKARA ?
      Jawab :
•    Pancsila telah ada dalam kehidupan sehar-hari  berupa nilai adat istiadat, nilai-nilai religius  yang kemudian di rumuskan oleh para pendiri Negara dan di sah kan oleh PPKI pada tanggal 18 agustus 1945, maka pada hakikatnya bangsa Indonesia berpancasila dalam tiga asas atau tripakara yang rinciannya:
Pertama        :     Pancasila sebelum di sahkan menjadi dasar filsafat Negara secara  yuridis sudah dimiliki oleh bangsa Indonesia sebagai asas-asas dalam adat istiadat dan kebudayaan dalam arti luas (pancasila asas kebudayaan).
Kedua          :    Pancasila terdapat pada bangsa Indonesia sebagi asas-asas dalam agama agama (pancasila asas Religius).
Ketiga          :      Setelah disahkan oleh PPKI sebagai dasar filsafat Negara Indonesia maka terwujudlah pancasila sebagai asas kenegaraan (pancasila asas kenegaraan.
C. 1. Jelaskan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa ?
      Jawab :
•    Pandangan yang ada pada masyarakat Indonesia kemudian menjelma menjadi pandangan hidup bangsa yang telah terintis sejak jaman sriwijaya .majapahit kemudian sumpah pemuda 1928. Kemudian di angkat dan di rumuskan oleh para pendiri Negara dalam siding-sidang BPUPKI,panitia Sembilan serta sidang PPKI yang di sepakati sebagai dasar Negara Republik Indonesia, dan dalam pengertian inilah maka pancasila sebagai pandangan hidup Negara dan sekaligus sebagai ideology Negara.
    2. Jelaskan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia ?
      Jawab :
•    Pancasila sebagai dasar filsafat atau dasar filsafat Negara dari Negara,ideology Negara, yang merupakan suatu dasar nilai serta norma atau mengatur pemerintahan Negara atau dengan kata lain pancasila merupakan suatu dasar untuk mengatur penyelenggaraan Negara.

3. Pancasila sebagai Idiologi bangsa dari Negara Republik Indonesia ?
      Jawab :
•    Unsur-unsur pancsila yang terdiri dari nilai-nilai adat istiadat,nilai-nilai kebudayaan serta nilai kebudayaan serta nilai religius yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia di rumuskan oleh pendiri Negara,sehingga pancasila berkedudukan sebagi dasar Negara dan ideologi bangsa dan Negara Indonesia. Dengan demikian pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia berakar pada pandangan hidup dan budaya bangsa,dan bukannya mengangkat dan mengambil ideology dari bangsa lain.
D. 1. Jelaskan Pembukaan UUD 1945 sebagai tertib hukum tertinggi di Indonesia ?
      Jawab :
•    Kedudukan Pembukaan UUD 1945 dalam kaitannya dengan tertib hokum Indonesia memiliki dua aspek yang sangat fundamental yaitu : Pertama. Memberi factor-faktor mutlak bagi terwujudnya tertib hokum Indonesia, dan Kedua.  Memasukkan diri dalam tertib hokum Indonesia sebagai tertib hokum tertingi.
Maka kedudukan Pancasila sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 adalah Sumber dari segala sumber hokum Indonesia.
2. Pembukaan UUD 1945 terletak kelangsungan hidup negara Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 ?
      Jawab :
•    Berdasarkan hakikatnya kedududkan pembukaan UUD 1945 sebagai naskah proklamasi yang terinci, sebagai penjelmaan proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 serta dalam ilmu hukum memenuhi syarat bagi adanya suatu tertib hukum di Indonesia dan sebagai pokok kaidah Negara yang fundamental, maka pembukaan Undang-undang Dasar 1945 memiliki hakikatkedududkan hukum yang kuat bahkan secara yuridis tidak dapat di ubah, terletak pada kelangsungan hidup Negara dengan alasan-alasan yaitu :
a)    Menurut tata hokum suatu peraturan hokum hanya dapat diubah atau dihapus oleh penguasa.
b)    Pembukaan UUD 1945 pada hakikatnya merupakan suatu tertib hokum yang tertinggi di Negara RI.
c)    Selain dari segi Yuridis formal bahwa Pembukaan UUD 1945 secara hokum tidak dapat diubah.
3. Pokok-pokok pikiran yang tergantung didalam pembukaan UUD 1945 Jelaskan dan uraikan ?
      Jawab :
1.    “yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan dengan mewujudkan keadilan social bagi seluruh wilayah Indonesia “. Dalam pembukaan ini di terima aliran pengertian Negara persatuan, Negara yang melindungi dan meliputi segenap bangsa seluruhnya.jadi Negara mengatasi segala paham golongan, mengatasi paham perseorangan, Negara menurut pengertianpembukaan itu menghendaki persatuan,meliputi segenap bangsa Indonesia seluruhya.
2.    Negara hendak mewujudkan suatu keadilan social bagi seluruh rakyat.
3.    Negara yang berkrdaulatan rakyat berdasar atas kerakyatan dan permusyawaratan perwakilan. Oleh Karen itu system Negara yang terbentuk dalam Undang –Undang Dasar harus berdasarakan atau berkedaulatan rakyat dan berdasarkan kedaulatan rakyat dan atas permusyawaratan perwakilan.
4.    Negara berdasarkan atas ketuhanan Yang Maha Esa  menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.oleh karena itu Undang-Undang Dasar harus mengandung isi yang mewajibkan pemerintah dan lain-lain penyelenggaraan Negara,untuk memelihara budi pekerti kemanusiaan yang luhur dan memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur.

    4. Hubungan antara pembukaan UUD 1945 dengan proklamasi    kemerdekaan?
       Jawab :
•    Proklamasi adalah pernyataan sebuah Negara bahwa Negara Indonesia berdaulat penuh…merdeka, karena menjadi sebuah Negara yang berdaulat penuh maka perlu adanya Undang-Undang Dasar 1945,karena Undang-Undang Dasar 1945 yang di dasari oleh pancasila sebagai dasar Negara.
E.1. Isi batang tubuh Undang-Undang Dasar 1945 terdiri dari ?
      Jawab :
•    16 Bab,37 pasal,4 aturan peralihan, dan 2 ayat aturan tambahan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar